5 Tips Mencegah Tertular Flu di Kala Musim Hujan

25 November 2021
5 Tips Mencegah Tertular Flu di Kala Musim Hujan

Ilustrasi musim hujan | Source: Shutterstock

Flu atau influenza merupakan infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus influenza. Penyakit ini umum menyerang ketika daya tahan tubuh lemah, seperti saat pergantian musim atau pancaroba. Udara dingin, lembab, dan perubahan suhu selama musim hujan juga sering menjadi penyebab daya tubuh melemah sehingga banyak orang yang tertular flu. Berikut ini beberapa tips mencegah tertular flu di musim hujan seperti sekarang ini.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Dengan makan makanan bergizi dan terpenuhinya kebutuhan nutrisi tubuh, sistem imun tubuh Anda akan meningkat dan menurunkan persentase penularan virus influenza. Anda juga sebaiknya melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh dengan asupan vitamin yang cukup, terutama vitamin C. Kandungan antioksidan dalam vitamin C dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu, penting juga untuk mencukupi kebutuhan air harian Anda. Kebutuhan cairan tubuh yang tercukupi dengan baik dapat membantu mencegah penularan flu.

  1. Rutin Mencuci Tangan

Rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah tertularnya sakit flu. Di tangan Anda, ternyata terdapat banyak sekali bakteri, virus, dan mikroorganisme lain yang tidak bisa dilihat secara kasat mata. Bayangkan jika Anda tidak sering mencuci tangan, maka mikroorganisme tersebut akan hidup, bisa masuk ke tubuh Anda, lalu dapat menginfeksi, serta dapat menyebabkan penyakit. Cara mencuci tangan yang benar yaitu dengan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 60 detik, atau mencuci tangan dengan hand sanitizer selama 30 detik. Selain itu, sebaiknya Anda menghindari berjabat tangan dengan orang yang sedang sakit flu karena kemungkinan tertularnya akan meningkat. Kebanyakan orang bersin dan batuk dengan menutup mulut menggunakan tangan. Hal inilah yang menyebabkan virus menempel di tangan dan apabila berjabat tangan maka virus tersebut akan menular ke orang lain.

  1. Menggunakan Masker

Sama seperti mencuci tangan, kebiasaan ini sudah bukan hal baru semenjak pandemi. Virus influenza juga bisa menular melalui droplet atau tetesan liur penderita flu saat batuk, bersin, maupun saat berbicara. Oleh karena itu, untuk menghindari penularan flu sebaiknya Anda tetap menggunakan masker saat berada di sekitar banyak orang. Penggunaan masker dapat mengurangi paparan virus influenza di tempat umum.

  1. Istirahat yang Cukup

Aktivitas dan kegiatan Anda sehari-hari seringkali membuat Anda lelah. Apabila sudah lelah, sebaiknya Anda mengistirahatkan tubuh Anda. Jangan terlalu memaksakan diri Anda untuk bekerja tanpa istirahat sama sekali. Terlalu keras bekerja akan membuat Anda stress hingga kurang tidur. Kurang tidur dapat memberikan efek negatif kepada tubuh Anda karena sistem imun Anda yang menurun. Menurut salah satu studi dalam jurnal Archives of Internal Medicine, orang dengan waktu tidur kurang dari 7 jam sehari akan lebih rentan terkena flu bila dibandingkan dengan orang yang tidur selama 8 jam sehari.

  1. Lakukan Vaksinasi influenza

Vaksinasi influenza merupakan salah satu program kesehatan yang direkomendasikan oleh PAPDI (Persatuan Ahli Penyakit Dalam Indonesia) pada tahun 2017 untuk diberikan sebanyak 1 dosis setiap tahunnya kepada masyarakat Indonesia yang berusia 19 hingga lebih dari 65 tahun. Vaksinasi influenza ini bertujuan untuk memberikan daya tahan tubuh terhadap virus influenza, sehingga mencegah penularan penyakit flu dan meringankan gejala ketika terinfeksi virus flu.

Itulah beberapa cara untuk mencegah tertularnya sakit flu. Pertahanan penting tubuh dalam melawan virus influenza terletak pada kekuatan sistem imun tubuh. Anda bisa membantu meningkatkan imun tubuh Anda dengan mengkonsumsi vitamin yang dapat berfungsi sebagai antioksidan, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, zinc, dan selenium.

Selain vitamin, sebaiknya Anda menambah pertahanan tubuh dengan mengkonsumsi obat herbal yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Rhea Health Tone merupakan salah satu obat herbal dengan kandungan bahan alami seperti Gardenia jasminoides oleum, Commiphora myrrha oleum, Boswellia serrata oleum, Daucus carota semen oleum, Foeniculum vulgarae oleum dan Olea europaea oleum (Olive oil) yang bermanfaat untuk membantu memperbaiki sistem imunitas tubuh sebagai salah satu upaya memelihara kesehatan tubuh. Rhea Health Tone telah mendapatkan izin edar BPOM dengan nomor izin edar POM TL210655181. Obat herbal ini dapat Anda konsumsi setelah makan dan aman dikonsumsi setiap hari mengikuti aturan pakai.

Dapatkan Rhea Health Tone di online official store Tokopedia, Blibli, Shopee, Lazada, Bukalapak atau di gerai Watson & Prima Fresh Mart terdekat.