Waspada! Polusi Udara Dapat Menurunkan Sistem Imun

6 November 2021
Waspada! Polusi Udara Dapat Menurunkan Sistem Imun

Kota-kota besar di Indonesia, salah satunya Jakarta, mungkin sudah tidak asing lagi dengan polusi udara. Jarak pandang yang kian mengecil dan udara yang terlihat seperti berkabut dapat masuk ke dalam salah satu ciri-ciri terjadinya polusi udara. Ya, menurut data Air Visual, kota Jakarta pernah menduduki posisi pertama sebagai kota paling berpolusi di dunia. Polusi udara jangan dianggap remeh karena memiliki banyak dampak negatif bagi kesehatan.

Polusi udara adalah pencemaran lingkungan yang berdampak pada penurunan kualitas udara akibat masuknya unsur-unsur berbahaya ke dalam udara. Polusi udara ini dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu karena asap kendaraan bermotor, asap limbah pabrik, dan gas sisa pembakaran untuk kepentingan manusia. Selain terdapat di luar ruangan, polusi udara juga bisa terjadi di dalam ruangan, contohnya ketika Anda memanaskan mesin kendaraan di dalam garasi, penggunaan produk rumah tangga semprot, asap rokok, hingga debu kasur yang terhirup secara tidak sengaja saat tidur.

Pengaruh Polusi Udara Terhadap Kesehatan

Tingkat bahaya kesehatan yang ditimbulkan oleh polusi udara tergantung dari intensitas dan lamanya waktu terkena paparan. Beberapa dampak polusi udara terhadap kesehatan antara lain meracuni sistem pernapasan Anda yang berpengaruh ke kesehatan paru-paru, mempengaruhi sistem peredaran darah, hingga meningkatkan jumlah radikal bebas dalam tubuh yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker.

Sistem kekebalan tubuh Anda juga bisa menurun akibat polusi udara. Efek racun polusi udara terhadap daya tahan tubuh yaitu timbulnya stress oksidatif dalam tubuh. Stress oksidatif dapat terjadi akibat ketidakseimbangan antara antioksidan dengan radikal bebas dalam tubuh.

Bantu Sistem Imun untuk Melawan Bahaya Polusi Udara

Salah satu cara untuk melawan bahaya polusi udara bagi tubuh adalah meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makan makanan yang bergizi dan dibantu dengan vitamin atau suplemen. Beberapa vitamin yang penting untuk membantu sistem imun seperti vitamin C, zinc, dan vitamin D.

Vitamin C dan zinc berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang bersifat merusak sel-sel tubuh dan dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti kanker, penuaan, penyakit jantung, hipertensi, Alzheimer, dan lain sebagainya. Antioksidan bersifat menstabilkan radikal bebas di dalam tubuh yang sifatnya sangat reaktif merusak sel-sel tubuh. Vitamin D dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Maka dari itu, dibutuhkan konsumsi suplemen vitamin D apabila Anda tinggal di daerah yang terpapar polusi udara tinggi supaya sistem imun Anda dapat meningkat dan Anda dapat terhindar dari dampak negatif polusi udara.

Itulah bahayanya polusi udara yang ternyata juga dapat menurunkan sistem imun tubuh. Untuk membantu menjaga daya tahan tubuh, sebaiknya Anda menambah pertahanan tubuh dengan mengkonsumsi obat herbal yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Rhea Health Tone merupakan salah satu obat herbal dengan kandungan bahan alami seperti Gardenia jasminoides oleum, Commiphora myrrha oleum, Boswellia serrata oleum, Daucus carota semen oleum, Foeniculum vulgarae oleum dan Olea europaea oleum (Olive oil) yang bermanfaat untuk membantu memperbaiki sistem imunitas tubuh sebagai salah satu upaya memelihara kesehatan tubuh. Rhea Health Tone telah mendapatkan izin edar BPOM dengan nomor izin edar POM TL210655181. Obat herbal ini dapat Anda konsumsi setelah makan dan aman dikonsumsi setiap hari.

Dapatkan Rhea Health Tone di online official store Tokopedia, Blibli, Shopee, Lazada, Bukalapak atau di gerai Watson & Prima Fresh Mart terdekat.