Inilah Penyebab Anak Rentan Sakit Flu dan Pilek, Orang Tua Wajib Tahu!

7 November 2021
Inilah Penyebab Anak Rentan Sakit Flu dan Pilek, Orang Tua Wajib Tahu!

Anda pasti merasa khawatir saat anak Anda sakit, bukan? Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa anak lebih rentan sakit dibandingkan dengan orang dewasa, terutama sakit flu, pilek, dan batuk? Pencetusnya bisa beragam, namun penyebab umumnya adalah sistem imun anak yang belum sempurna.

Dilansir dari jurnal “Evolution of The Immune System in Humans from Infancy to Old Age” yang diterbitkan oleh The Royal Society, sistem imun anak akan secara bertahap menjadi semakin sempurna seiring dengan pertambahan usia anak. Pada usia dini, anak memiliki sistem imun bawaan yang didapatkan saat masih di dalam rahim ibu. Namun, semakin lama, sistem imun tersebut semakin memudar sehingga anak akan lebih rentan terkena infeksi virus, bakteri, atau mikroorganisme lainnya. Saat sistem imun anak ini sedang lemah, kontak fisik atau interaksi dengan orang lain yang sedang sakit juga dapat membuat anak lebih rentan terkena penyakit.

Sistem pertahanan atau sistem imun anak sebenarnya terbentuk ketika tubuh terpapar dengan virus atau bakteri tertentu yang dapat menyebabkan penyakit. Contohnya ketika anak terpapar dengan virus influenza penyebab flu, maka tubuh akan membentuk sistem pertahanan secara alami, yaitu salah satunya dengan hidung yang menjadi berair dan mengeluarkan lendir. Lendir tersebut sebenarnya bentuk pertahanan tubuh apabila ada benda asing maupun mikroorganisme seperti virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh khususnya hidung.

Anak akan lebih sering mengalami flu dan pilek hingga 7-8 kali dalam setahun. Hal ini bisa terjadi hingga anak berusia 2 tahun atau saat sebelum anak memasuki usia sekolah (preschool). Pada saat anak mulai memasuki usia sekolah, kebanyakan anak akan mengalami pilek sebanyak 6 kali dalam setahun. Namun, bukan berarti flu, batuk, dan pilek pada anak dapat dianggap sepele karena selain menimbulkan ketidaknyamanan, sakit berkepanjangan dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak.

Penyebab Lainnya

Umumnya penyebab utama anak sering terkena sakit flu dan pilek memang karena sistem imun tubuh yang belum sempurna. Namun, ada faktor lainnya yang dapat mengakibatkan si kecil sering terkena flu dan pilek, antara lain :

  • Alergi
  • Kondisi udara
  • Gangguan hormon
  • Konsumsi obat tertentu
  • Makan yang dikonsumsi (terlalu berminyak, berbumbu atau pedas)

Tips Agar Anak Tidak Rentan Sakit Flu dan Pilek

Salah satu cara agar anak tidak mudah sakit adalah dengan mendapatkan vaksinasi lengkap setiap tahun, sesuai dengan usianya. Selain itu, terdapat beberapa kebiasaan yang dapat diajarkan kepada anak untuk menghindari terjadinya paparan virus dan bakteri penyebab flu dan pilek, antara lain:

  • Rajin mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun selama minimal 20 detik atau menggunakan hand sanitizer
  • Menutup mulut ketika batuk atau bersin menggunakan bagian siku tangan bagian dalam
  • Menjaga jarak dengan orang yang sedang sakit
  • Menggunakan peralatan makan sendiri dan tidak meminjamkannya kepada temannya ataupun orang lain
  • Tidak menyentuh wajah terutama bagian hidung dan mata sebelum mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer

Kebutuhan nutrisi harian anak pun harus dipenuhi. Memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak juga dapat membantu menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem imun tubuh yang terjaga akan dapat melawan infeksi virus dan bakteri sehingga dapat menyebabkan anak menjadi lebih jarang sakit. Selain dari asupan makanan sehari-hari, kebutuhan nutrisi harian si kecil juga dapat diperoleh dari multivitamin maupun suplemen makanan. Anda bisa memberikan multivitamin ataupun suplemen yang mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin A, vitamin D, zinc, atau selenium kepada anak Anda. Beberapa kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh anak Anda sehingga anak Anda pun menjadi tidak mudah sakit.

Untuk anak, sumber asupan nutrisi dan vitamin terbaik adalah makanan sehat yang sesuai dengan usianya. Sedangkan bagi orang dewasa asupan nutrisi dan vitamin dapat didukung dengan konsumsi Rhea Health Tone yang memiliki kandungan bahan alami seperti  Gardenia jasminoides oleum, Commiphora myrrha oleum, Boswellia serrata oleum, Daucus carota semen oleum, Foeniculum vulgarae oleum dan Olea europaea oleum (Olive oil) yang bermanfaat untuk membantu memperbaiki sistem imunitas tubuh sebagai salah satu upaya memelihara kesehatan tubuh. Rhea Health Tone telah mendapatkan izin edar BPOM dengan nomor izin edar POM TL210655181. Meski bahan-bahan alami tersebut aman dikonsumsi setiap hari untuk orang dewasa, penggunaan pada anak tetap harus berkonsultasi dengan dokter, ya.Dapatkan Rhea Health Tone di online official store TokopediaBlibliShopeeLazadaBukalapak atau di gerai Watson & Prima Fresh Mart terdekat.