Jaga Daya Tahan Tubuh di Usia Lanjut Dengan Cara Ini!

27 November 2021
Jaga Daya Tahan Tubuh di Usia Lanjut Dengan Cara Ini!

Lansia yang sudah berumur lebih dari 60 tahun biasanya akan lebih rentan mengalami penurunan daya tahan atau sistem imun tubuh. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh khususnya pada lansia. Berikut merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada lansia.

  1. Makan Makanan Bergizi

Hal pertama yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh pada lansia adalah memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang bergizi, yaitu makanan yang mencakup seluruh kebutuhan nutrisi harian. Namun, seringkali lansia mengalami hilangnya nafsu makan sehingga makan lebih sedikit dan akan mengganggu pemenuhan nutrisi harian. Maka dari itu, harus dipastikan bahwa asupan makanan pada lansia adalah menu makanan yang bergizi.

Selain dari makanan, nutrisi pada lansia juga dapat diperoleh dari vitamin dan mineral seperti vitamin A, B6, C, E, zat besi, asam folat, dan zinc. Kebutuhan nutrisi pada lansia harus terpenuhi karena kekurangan nutrisi akan mempengaruhi kerja sistem imun pada lansia.

  1. Mencegah Dehidrasi

Selain kebutuhan nutrisi yang diperoleh melalui makanan, lansia juga perlu memenuhi kebutuhan cairan. Namun, seringkali lansia juga tidak merasakan haus, padahal sebenarnya tubuh Anda kekurangan cairan. Hal inilah yang menyebabkan lansia lebih berisiko mengalami dehidrasi. Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada lansia, sebaiknya lansia banyak minum air putih agar kebutuhan cairan bisa terpenuhi. Tidak hanya air putih, kebutuhan cairan pada lansia bisa dipenuhi dengan minuman lain seperti jus buah, teh, hingga kuah makanan. Apabila kebutuhan cairan pada lansia terpenuhi, maka sistem daya tahan tubuhnya pun akan tetap terjaga karena proses pencernaan, energi, serta kualitas tidur lansia akan meningkat sebagai akibat dari pemenuhan kebutuhan cairan ini.

  1. Mengkonsumsi Multivitamin Khusus Lansia

Mengkonsumsi multivitamin khusus lansia juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh pada lansia. Multivitamin khusus lansia biasanya mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan lansia untuk menjaga kesehatan maupun daya tahan tubuh. Anda bisa memilih multivitamin lansia yang mengandung 12 vitamin, 13 mineral, antioksidan, ekstrak huperzine untuk meningkatkan daya ingat, ataupun L-Carnitine untuk meningkatkan proses metabolisme pada lansia.

  1. Memastikan Tubuh Cukup Istirahat

Cukup istirahat juga menjadi salah satu cara yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh pada lansia. Kebanyakan lansia mengalami sulit tidur dan hal ini dapat mengganggu kerja sistem imun tubuh Anda. Kebutuhan waktu tidur pada lansia yaitu sekitar 7-8 jam sehari. Anda bisa melakukan beberapa tips berikut supaya lebih mudah tidur di malam hari, yaitu minum teh hangat, membaca buku, atau kegiatan lainnya sebelum tidur. Dengan melakukan kegiatan tersebut, tubuh Anda akan mengenali dan terbiasa melakukannya sehingga otak Anda menerima sinyal bahwa saat melakukan kegiatan tersebut berarti sudah waktunya tidur.

  1. Olahraga Ringan Secara Rutin

Olahraga ringan secara rutin dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Contoh olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki, bersepeda, senam, maupun olahraga ringan dan menyenangkan lainnya yang bisa Anda lakukan. Dengan berolahraga secara rutin, maka akan meningkatkan kualitas tidur, mengurangi resiko terjadinya gangguan mental pada lansia, menurunkan resiko terkena penyakit jantung, menjaga kekuatan tulang, serta memperbaiki daya ingat. Namun, perlu diingat bahwa Anda tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat atau melebihi kekuatan Anda supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada lansia. Selain itu, Anda juga dapat mencoba mengkonsumsi obat herbal yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Rhea Health Tone merupakan salah satu obat herbal dengan kandungan bahan alami seperti Gardenia jasminoides oleum, Commiphora myrrha oleum, Boswellia serrata oleum, Daucus carota semen oleum, Foeniculum vulgarae oleum dan Olea europaea oleum (Olive oil) yang bermanfaat untuk membantu memperbaiki sistem imunitas tubuh sebagai salah satu upaya memelihara kesehatan tubuh. Rhea Health Tone telah mendapatkan izin edar BPOM dengan nomor izin edar POM TL210655181. Obat herbal ini dapat Anda konsumsi setelah makan dan aman dikonsumsi setiap hari mengikuti aturan pakai.

Dapatkan Rhea Health Tone di online official store Tokopedia, Blibli, Shopee, Lazada, Bukalapak atau di gerai Watson & Prima Fresh Mart terdekat.