Inilah Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Flu

26 November 2021
Inilah Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Flu

Sakit flu ringan memang bukan penyakit parah, namun bisa membuat Anda sangat tidak nyaman. Selain dengan mengkonsumsi obat-obatan, Anda bisa mengurangi rasa tidak nyaman saat flu dengan cara mengkonsumsi beberapa jenis makanan. Berikut ini beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi saat Anda sedang sakit flu untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan mempercepat proses penyembuhan.

  1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan pangan dengan berbagai macam manfaat, salah satunya adalah untuk meredakan gejala flu. Bawang putih mengandung senyawa antioksidan, antibakteri, dan antivirus. Kandungan tersebut dapat mempercepat proses penyembuhan pada penderita flu. Meskipun bawang putih memiliki rasa yang tidak begitu enak bila dimakan langsung, pedas, dan beraroma kurang sedap, namun bawang putih memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

  1. Rempah-Rempah

Terdapat berbagai jenis rempah-rempah yang dapat membantu meredakan sakit flu diantaranya cengkeh, kayu manis, dan kunyit. Rempah-rempah tersebut mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk dapat mencegah sakit flu, Anda bisa mengkonsumsi 1 sendok teh rempah-rempah setiap hari. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan kayu manis ke dalam makanan atau minuman Anda. Ketika Anda mengalami sakit flu, Anda bisa mencoba mencampur setengah sendok teh kayu manis dengan setengah sendok teh ketumbar ke dalam air mendidih untuk dibuat teh. Anda juga bisa menambahkan seperempat sendok teh jahe bubuk untuk menurunkan demam Anda.

  1. Makanan Saat Flu yang Kaya Vitamin C

Vitamin C memang merupakan salah satu zat gizi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat menyerang virus dan penyakit dengan cepat. Oleh karena itu, vitamin C dipercaya dapat membantu mengatasi gejala flu karena dengan meningkatnya daya tahan tubuh, maka tubuh juga akan lebih cepat untuk menangkal virus penyebab flu.

  1. Sayur Sop

Sayur sop menjadi pilihan makanan yang banyak dinikmati oleh penderita flu. Masakan yang satu ini memang sangat nikmat bila dikonsumsi saat Anda sedang sakit flu, karena uap hangat dari kuahnya dapat membantu melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat. Kaldu ayam di dalam sayur sop tersebut juga memiliki efek anti-inflamasi yang dapat meredakan peradangan, khususnya pada hidung. Sayur-sayuran yang ditambahkan dalam sayur sop juga mengandung senyawa fitokimia dan antioksidan sehingga dapat membantu mempercepat proses pemulihan pasca flu.

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat Anda konsumsi ketika sedang sakit flu. Makanan tersebut akan membantu meredakan gejala flu. Namun, apabila flu tidak kunjung hilang selama beberapa hari, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter dan mengkonsumsi obat dari dokter untuk mempercepat proses penyembuhan flu Anda.

Anda juga dapat mencoba mengkonsumsi obat herbal yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Rhea Health Tone merupakan salah satu obat herbal dengan kandungan bahan alami seperti Gardenia jasminoides oleum, Commiphora myrrha oleum, Boswellia serrata oleum, Daucus carota semen oleum, Foeniculum vulgarae oleum dan Olea europaea oleum (Olive oil) yang bermanfaat untuk membantu memperbaiki sistem imunitas tubuh sebagai salah satu upaya memelihara kesehatan tubuh. Rhea Health Tone telah mendapatkan izin edar BPOM dengan nomor izin edar POM TL210655181. Obat herbal ini dapat Anda konsumsi setelah makan dan aman dikonsumsi setiap hari mengikuti aturan pakai.

Dapatkan Rhea Health Tone di online official store Tokopedia, Blibli, Shopee, Lazada, Bukalapak atau di gerai Watson & Prima Fresh Mart terdekat.