4 Bahan Alami Ini Dapat Membantu Anda Menyembuhkan Pilek

5 November 2021
4 Bahan Alami Ini Dapat Membantu Anda Menyembuhkan Pilek

Pilek atau selesma merupakan suatu penyakit yang membuat hidung Anda terasa tidak nyaman. Penyakit ini disebabkan oleh virus bernama rhinovirus yang menginfeksi saluran pernafasan. Pada saat musim pancaroba dan musim hujan Anda akan lebih rentan terkena penyakit ini, apalagi jika daya tahan tubuh Anda sedang melemah. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada berbagai pilihan obat dari bahan alami yang bisa meredakan gejalanya. Berikut ini 4 bahan alami yang dapat membantu menyembuhkan pilek, beberapa di antaranya bisa Anda temukan dengan mudah.

Madu

Madu dikenal sebagai pemanis alami pengganti gula pasir. Di samping rasanya yang manis, madu mengandung segudang manfaat. Salah satunya untuk membantu meredakan pilek. Madu memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu meningkatkan sistem imun untuk melawan mikroorganisme penyebab penyakit. Anda dapat minum madu sebanyak 1 sendok makan pada pagi atau malam hari untuk meredakan gejala pilek. Selain diminum langsung Anda juga bisa menambahkan atau melarutkan madu pada minuman hangat seperti teh atau air lemon.

Jahe

Jahe sudah terkenal dengan khasiat menghangatkan tubuh dan membantu mengobati berbagai penyakit sejak zaman dahulu. Rempah pedas ini efektif untuk melegakan hidung yang tersumbat sehingga Anda bisa bernafas dengan lebih lega. Selain itu, jahe juga dapat mencegah mual, mengembalikan stamina yang hilang akibat pilek, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara menggunakan jahe untuk obat pilek alami yaitu Anda bisa menyiapkan 1 – 2 ruas jahe berukuran sedang, dicuci bersih, digeprek, direbus sampai mendidih, dan disaring. Anda bisa langsung meminumnya atau juga bisa ditambahkan madu, air lemon, atau gula merah supaya lebih nikmat.

Bawang putih

Bawang putih juga bisa digunakan untuk meredakan pilek dan flu. Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Clinical Nutrition tahun 2012, bawang putih mengandung senyawa allicin dan juga vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mempercepat proses pemulihan pilek. Bawang putih sangat ampuh digunakan sebagai obat pilek apabila dimakan secara mentah. Namun, apabila Anda tidak bisa memakannya secara mentah, Anda juga bisa menumis, mencacah, ataupun memasak bawang putih bersama dengan bahan makanan lain. Selain itu, sup ayam dengan bawang putih juga bisa meredakan pilek. Uap hangat dari sup tersebut juga dapat membantu melegakan hidung tersumbat.

Garam

Garam merupakan salah satu bumbu yang mudah ditemui di dapur rumah Anda. Ternyata selain sebagai penyedap rasa masakan, garam juga memiliki segudang manfaat termasuk obat alami pilek. Berkumur dengan air garam dapat mencegah gejala pilek semakin parah karena garam memiliki sifat antimikroba yang dapat membunuh mikroorganisme penyebab penyakit ini. Cara ini juga bisa digunakan sebagai tindakan pencegahan agar tidak tertular dari orang lain. Cukup dengan melarutkan setengah sendok garam ke dalam segelas air hangat, lalu gunakan untuk berkumur. Anda cukup berkumur selama beberapa detik saja dan kemudian Anda bisa buang air kumur tersebut.

Cara Alami Lainnya untuk Membantu Menyembuhkan Pilek

Selain dengan bahan-bahan alami di atas, ada beberapa cara alami lainnya yang dapat membantu meredakan pilek tanpa harus ke dokter terlebih dahulu.

Minum Banyak Air Putih

Percepat penyembuhan gejala pilek dengan banyak minum air putih. Mengkonsumsi air putih bisa menjauhkan Anda dari dehidrasi, melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat Anda juga akan terasa lebih lega. Selain air putih, sebenarnya juga ada minuman lainnya yang bisa Anda konsumsi untuk meredakan pilek, diantaranya air jahe, jus buah, dan juga teh hangat.

Rajin Membersihkan Hidung

Saat pilek, Anda tentu mengalami hidung berlendir. Lendir tersebut adalah upaya tubuh untuk mengeluarkan virus dari dalam tubuh. Oleh karena itu, Anda harus rajin membersihkan hidung agar cepat sembuh. Namun, Anda harus melakukannya dengan cara yang benar yaitu dengan cara menghembuskan nafas lewat hidung secara perlahan sambil menekan salah satu lubang hidung untuk mengeluarkan lendir. Pastikan Anda membersihkan tangan dengan sabun sebelum dan sesudah membersihkan hidung.

Memperbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C memang sudah dikenal dengan manfaatnya untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Ada baiknya Anda mengkonsumsi vitamin C lebih banyak ketika sedang sakit untuk membantu meningkatkan sistem imun Anda. Vitamin C banyak terkandung dalam buah dan sayur, seperti jambu, jeruh, belimbing, tomat, lemon, brokoli, stroberi, kiwi, dan paprika.

Banyak Istirahat

Tidur merupakan cara istirahat terbaik untuk membantu menyembuhkan pilek. Manfaatkan waktu tidur Anda sebaik mungkin. Waktu tidur normal bagi orang dewasa adalah selama 7-8 jam sehari. Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), ketika sakit pilek atau flu Anda dianjurkan untuk beristirahat di rumah selama 24 jam. Setelah itu, Anda baru diperbolehkan untuk beraktivitas di luar rumah apabila kondisi Anda sudah fit. Namun, apabila terpaksa harus keluar rumah saat sedang pilek, maka sebaiknya Anda menggunakan masker untuk menghindari penularan terhadap orang lain.Itulah berbagai macam bahan alami dan cara yang dapat membantu meredakan gejala pilek. Untuk bantu memelihara kesehatan tubuh, Anda juga dapat menambahkan konsumsi Rhea Health Tone ke dalam diet Anda.

Rhea Health Tone merupakan obat herbal dengan kandungan bahan alam seperti Gardenia jasminoides oleum, Commiphora myrrha oleum, Boswellia serrata oleum, Daucus carota semen oleum, Foeniculum vulgarae oleum dan Olea europaea oleum (Olive oil) yang bermanfaat untuk membantu memperbaiki sistem imunitas tubuh sebagai salah satu upaya memelihara kesehatan tubuh. Rhea Health Tone telah mendapatkan izin edar BPOM dengan nomor izin edar POM TL210655181. Obat herbal ini dapat Anda konsumsi setelah makan dan aman dikonsumsi setiap hari. Dapatkan Rhea Health Tone di online official store Tokopedia, Blibli, Shopee, Lazada, Bukalapak atau di gerai Watson & Prima Fresh Mart terdekat.