Waspada Heat Stroke

2 Mei 2024
Waspada Heat Stroke

Pada cuaca panas ekstrem seperti sekarang ini individu rentan mengalami heat stroke. Oleh karena itu, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Dr dr Ari Fahrial Syam menyarankan agar meningkatkan asupan air minum hingga 3 liter sehari.

Heatstroke adalah kondisi ketika tubuh mengalami peningkatan suhu secara drastis hingga mencapai 40°C atau bahkan lebih. Kondisi ini dapat terjadi ketika seseorang terkena paparan suhu panas dari lingkungan sekitar di luar batas toleransi tubuhnya, misalnya saat cuaca sangat panas yang bisa terjadi sebagai salah satu efek dari global warming. Heatstroke juga lebih rentan terjadi pada atlet, tentara, dan pekerja yang banyak menghabiskan waktunya di bawah terik sinar matahari1.

Berikut adalah beberapa gejala heatstroke yang perlu diketahui:

  1. Peningkatan suhu tubuh hingga suhu 40°C atau lebih.
  2. Pusing.
  3. Sakit kepala.
  4. Kulit memerah dan mengering.
  5. Tidak berkeringat walau suhu tubuh sedang tinggi.
  6. Mual dan muntah.
  7. Kelemahan otot dan kram.
  8. Jantung berdebar kencang.
  9. Perubahan perilaku, seperti kebingungan, linglung, gelisah, dan cepat marah.
  10. Kejang.
  11. Pingsan.

Jika di sekitar Anda ada orang yang mengalami gejala atau tanda-tanda heatstroke, segera berikan pertolongan pertama. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat diberikan ketika melihat seseorang terkena heatstroke:

  1. Pindahkan ke tempat yang lebih teduh: Memindahkan penderita ke tempat yang lebih teduh, misalnya di bawah pepohonan, untuk mengurangi paparan sinar matahari langsung yang dapat meningkatkan suhu tubuh.
  2. Berikan kompres ke seluruh tubuhnya: Jika suhu tubuh penderita tidak juga menurun setelah dipindahkan ke tempat dingin, Anda bisa melakukan ice bath jika memungkinkan atau memberikan kompres dingin ke tubuhnya. Berikan kompres menggunakan handuk yang telah direndam air dingin, terutama di bagian leher, ketiak, dan selangkangannya.
  3. Berikan air putih yang banyak: Bila penderita heatstroke sadar, berikan minum air putih yang banyak.