Lingkaran Paparan Mengecil! Apa yang Harus Kita Lakukan?

18 Januari 2021

Tingkat penyebaran virus COVID-19 memasuki tahun 2021 menyentuh angka tertinggi dengan perbandingan 1 dari 3 orang yang dites menunjukkan hasil positif atau reaktif. Data-data yang ada menunjukkan potensi tertular dalam lingkaran terkecil, termasuk keluarga, semakin meningkat.Untuk menjaga satu sama lain, perlu kesadaran dalam lingkungan keluarga untuk saling menjaga. Berikut ini langkah-langkah yang dapat kita terapkan untuk mengurangi risiko penularan virus ini dalam lingkaran keluarga.

1. Hindari Menerima Tamu di Dalam Rumah

Saat ini, rumah idealnya menjadi tempat teraman untuk keluarga. Untuk menjaga rumah tetap steril, pemilik rumah berhak untuk tidak menerima tamu di dalam rumah. Usahakan hanya keluarga inti, atau kerabat yang kesehariannya bersama, yang masuk ke dalam rumah. Jika ada keadaan yang mengharuskan tamu dari luar masuk ke rumah, tetap terapkan protokol kesehatan yang biasa dilakukan, seperti cuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, mengganti pakaian saat masuk rumah, dan meletakkan jaket atau barang bawaan yang mungkin terkontaminasi di luar rumah.

2. Hindari Pertemuan Yang Kurang Penting

Sebisa mungkin hindari berinteraksi dengan orang lain di luar rumah, utamanya di kerumunan dan ruangan tertutup tanpa sirkulasi udara yang baik. Selain berbahaya untuk diri sendiri, pertemuan tatap muka meningkatkan risiko penularan virus saat kita kembali ke rumah. Batasi diri dalam berinteraksi dengan orang lain, kurangi transaksi dengan uang fisik yang berpotensi menjadi carrier COVID-19, dan ketika menerima paket segera semprot dengan disinfektan sebelum dibawa masuk ke rumah.

3. Tingkatkan Disiplin Protokol Kesehatan Di Rumah

Selain saat berada di tempat umum, protokol kesehatan juga harus benar-benar diterapkan di dalam rumah seperti langsung mengganti baju dan membersihkan diri saat kembali ke rumah. Selalu luangkan waktu untuk mensterilkan rumah secara menyeluruh dan melakukan penyemprotan disinfektan rutin.

Selain langkah-langkah di atas, menjaga diri dan keluarga dari risiko penularan virus dalam lingkaran keluarga dapat dilakukan dengan menjaga kesehatan fisik, rutin melakukan olahraga dan mengkonsumsi makanan sehat. Maksimalkan upaya memperkuat sistem imunitas tubuh dengan mengkonsumsi Rhea Health Tone. Ingat hidup sehat, ingat Rhea Health Tone!