Pahami Arti Efikasi pada Vaksin Agar Tidak Terkecoh

23 Desember 2020

Seiring dengan dimulainya proses vaksinasi Covid-19, sejumlah istilah yang sebelumnya mungkin jarang terdengar mulai bermunculan, salah satunya istilah “efikasi vaksin”. Semenjak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengumumkan bahwa vaksin Covid-19 Sinovac memiliki efikasi 65,3 persen, istilah efikasi mulai sering terdengar dalam wacana-wacana pembahasan vaksin. Sebenarnya apa itu efikasi? Apakah sama dengan efektivitas? Berikut ini penjelasannya.

Efikasi Vaksin

Melansir dari laman resmi WHO, efikasi vaksin adalah kemampuan vaksin untuk memberikan manfaat bagi individu yang diberi imunisasi. Manfaat yang dimaksud adalah manfaat untuk hidup sehat dan mensejahterakan masyarakat karena terlindungi dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). Kemampuan ini dibuktikan dalam uji klinis terkontrol (controlled clinical trial) dan dinyatakan dalam persentase. Tingkat efikasi berbeda dengan efektivitas vaksin yaitu kemampuan vaksin dalam menurunkan kejadian penyakit setelah diuji dunia nyata.

Tingkat Efikasi Vaksin Covid-19

Seperti yang telah diumumkan oleh Kepala BPOM, Dr. Ir. Penny K. Lukito, vaksin Sinovac resmi mengantongi izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dengan efikasi vaksin 65,3 persen. Angka tersebut sudah memenuhi syarat vaksin dapat digunakan secara luas yaitu dapat memberi efikasi minimal 50 persen. Ada pula jenis vaksin lainnya seperti Pfizer yang mengklaim efikasi dari hasil uji klinis sebesar 95 persen dan Moderna  94 persen. 

Hingga saat ini memang tidak ada vaksin yang memiliki efikasi 100 persen. Namun, bukan berarti vaksin tidak bekerja dengan baik. Efikasi vaksin sangat dipengaruhi oleh karakter subjek, jumlah subjek, serta lama pengamatan dalam uji klinis vaksin. Hal ini juga yang menyebabkan perbedaan angka efikasi vaksin di berbagai negara.

Untuk mendukung kinerja vaksin hingga terciptanya kekebalan kelompok atau herd immunity nanti, baiknya kita tetap mematuhi protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak aman, dan Mencuci tangan). Selain itu penting untuk menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga, dan mengkonsumsi suplemen untuk meningkatkan imunitas seperti Rhea Health Tone. Yuk, tetap semangat jaga kesehatan! Dapatkan Rhea Health Tone sekarang disini (Shopee , BliBli, Tokopedia)!