Mengapa Vaksin Harus Diberikan 2 Dosis? Ini Tujuannya!

4 Maret 2021

Saat ini program vaksinasi di Indonesia tengah berjalan menggunakan vaksin produksi Sinovac yang bekerja sama dengan PT Bio Farma. Vaksin COVID-19 ini membutuhkan 2 dosis yang disuntikkan dalam interval 14 hari. Ternyata dosis pertama dan kedua vaksin COVID-19 ini memiliki tujuan yang berbeda. Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Menurut keterangan dari Juru Bicara Pemerintah untuk Vaksinasi, Reisa Broto Asmoro, vaksinasi dosis pertama bertujuan untuk mengenalkan vaksin dan kandungan yang ada di dalamnya kepada sistem kekebalan tubuh. Dosis pertama ini diharapkan dapat memicu respons kekebalan awal. Selang 14 hari dari pemberian dosis pertama, dilanjutkan dengan suntikan kedua yang bertujuan untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya.

Setelah pemberian vaksin dosis kedua, bukan berarti tubuh langsung kebal terhadap paparan COVID-19. Antibodi baru akan optimal setelah 14-28 hari dari suntikan kedua dilakukan. Antibodi yang optimal berarti jika terinfeksi virus Corona jenis baru maka tingkat keparahannya tak separah mereka yang tak mendapat vaksin, tidak serta merta 100% kebal terhadap COVID-19. Hingga saat ini, vaksin hanya sebagai upaya untuk menghambat laju penularan virus dan bukan sebagai obat maupun penangkal infeksi. Meskipun vaksin COVID-19 sudah tersedia, kita harus tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan khususnya 3M (memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan). Selain itu, mari jaga kesehatan diri dengan gaya hidup sehat, konsumsi makanan bergizi dan memelihara imunitas tubuh dengan konsumsi Rhea Health Tone secara rutin setiap hari.  Dapatkan Rhea Health Tone di sini (Shopee , BliBliTokopedia)