Sesudah Vaksinasi, Begini Caranya agar Antibodi Terbentuk Optimal

3 Maret 2021

Vaksinasi COVID-19 membawa harapan baru untuk bisa lebih kuat mencegah penularan infeksi COVID-19. Namun, banyak anggapan salah bahwa setelah mendapatkan vaksin, tubuh akan menjadi kebal terhadap infeksi virus. Hal ini bisa menyebabkan kekeliruan dan menimbulkan lonjakan kasus baru jika orang yang telah divaksin merasa aman dan tidak menerapkan protokol kesehatan. Lalu bagaimana cara kerja vaksin sebenarnya? Yuk cek penjelasan berikut ini!

Berdasarkan laman Healthline (https://www.healthline.com/health-news/china-has-been-vaccinating-its-population-for-weeks-what-we-know#The-bottom-line), vaksin bekerja dengan mendorong sistem kekebalan untuk memproduksi antibodi agar dapat bertahan melawan penyakit tertentu. Saat Anda divaksin, vaksin akan membuat sistem kekebalan berperilaku seolah-olah tubuh Anda sudah menderita penyakit tersebut sehingga setelah vaksinasi tubuh Anda mengembangkan kekebalan terhadap penyakit tersebut. 

Saat seseorang mendapatkan vaksin COVID-19, sebagai contoh, vaksin akan bekerja dengan mengajarkan sistem kekebalan untuk membuat antibodi melawan virus corona SARS-CoV-2. Antibodi lalu menempel pada protein virus atau protein spike pada virus. Apakah setelah itu orang tersebut menjadi kebal terhadap COVID-19?

Melansir laman resmi Satgas COVID-19 (https://covid19.go.id/tanya-jawab), seseorang yang sudah divaksin bukan berarti 100% kebal terhadap COVID-19. Hanya saja mereka yang sudah mendapat vaksin COVID-19 jika terinfeksi virus Corona jenis baru maka tingkat keparahannya tak separah mereka yang tak mendapat vaksin. Hingga saat ini, vaksin hanya sebagai upaya untuk menghambat laju penularan virus dan bukan sebagai obat maupun penangkal infeksi. 

Cara Mengoptimalkan Antibodi

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memberikan saran agar antibodi terbentuk optimal setelah vaksinasi, yaitu:

  1. Menjaga badan tetap fit dan bugar dengan makan makanan sehat, olahraga, dan istirahat yang cukup. Asupan gizi dan metabolisme yang baik akan membantu proses pembentukan antibodi dalam tubuh.
  2. Pastikan tidak ada riwayat penyakit yang menjadi kontraindikasi vaksinasi.
  3. Patuhi protokol kesehatan selama pandemi COVID-19 belum berakhir.

Itulah beberapa saran yang bisa dijalankan untuk mengoptimalkan pembentukan antibodi dalam tubuh. Mari jaga kesehatan diri dengan gaya hidup sehat, konsumsi makanan bergizi dan memelihara imunitas tubuh dengan konsumsi Rhea Health Tone secara rutin setiap hari.  Dapatkan Rhea Health Tone di sini (Shopee , BliBliTokopedia)