Minyak Zaitun Dapat Membantu Mengendalikan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi

14 Juni 2022
Minyak Zaitun Dapat Membantu Mengendalikan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi

Minyak zaitun sumber utama lemak dalam diet Mediterania, yang telah dikaitkan dengan rendahnya insiden penyakit jantung koroner dan kanker tertentu. Minyak zaitun extra-virgin mengandung sejumlah besar senyawa fenolik, misalnya, hidroksitirosol dan oleuropein, yang bertanggung jawab atas rasanya yang khas dan stabilitasnya yang tinggi. Beberapa riset in vitro dan in vivo menunjukkan bahwa fenolat minyak zaitun adalah antioksidan kuat. Hipertensi adalah salah satu factor risiko terpenting yang terkait dengan perkembangan penyakit kardiovaskular. Polifenol minyak zaitun menunjukkan beberapa manfaat untuk kesehatan kardiovaskular, terutama dalam menurunkan tekanan darah. Penulisan review artikel ini bertujuan untuk mengetahui potensi aktivitas antioksidan yang terdapat pada minyak zaitun dalam membantu mengendalikan tekanan darah pada pasien hipertensi.

Dalam buah zaitun sendiri terkandung banyak senyawa penting bagi kehidupan manusia yang dapat menyembuhkan penyakit degenerative seperti kanker dan radang paru-paru. Dari fungsi kuratif untuk luka dan luka bakar, minyak zaitun, dengan sifat emoliennya digunakan sebagai lotion pelembab dan dapat menenangkan kulit. Minyak zaitun juga dianggap efektif dalam mengobati berbagai penyakit. Sifat farmakologis spesifik dari minyak zaitun direkomendasikan terutama dalam pencegahan penuaan tulang, penyakit pencernaan dan kardiovaskular, arteriosklerosis, diabetes, obesitas, hipertensi, dan rheumatoid arthritis.

Meningkatnya kehadiran obat antihipertensi juga turut meningkatkan umur panjang dan kualitas hidup pada pasien hipertensi. Namun, hipertensi masih tetap menjadi factor risiko utama untuk stroke dan infarkmiokard, hal ini menunjukkan perlunya menerapkan manajemen pasien hipertensi. Selain obat antihipertensi, perubahan gaya hidup, termasuk pola diet yang lebih sehat, seperti Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) dan diet Mediterania, dengan mengkonsumsi minyak zaitun telah terbukti mempengaruhi tekanan darah dan direkomendasikan membantu pengendalian tekanan darah dalam manajemen hipertensi.

Berdasarkan penelitian, konsumsi harian minyak zaitun extra-virgin yang kaya akan senyawa fenolik dapat memodulasi ekspresi gen yang terkait dengan sistem renin-angiotensin-aldosteron. Perubahan ini dapat menjelaskan/mendasari penurunan tekanan darah sistolik.

Baik penelitian preklinik dan uji klinik menunjukkan efek anti-hipertensi minyak zaitun yang mengandung zat aktif asam oleat dan antioksidan polifenol. Asam oleat minyak zaitun dapat meningkatkan fungsi membran dan fisiologi sel. Sementara antioksidan polifenol mengatur pelepasan vasokonstriktor, vasodilator, serta molekul pro dan anti inflamasi melalui mekanisme genomik.

Dapat disimpulkan bahwa minyak zaitun memiliki aktivitas antioksidan yang berpotensi dalam mengendalikan tekanan darah melalui  aktivitas dari senyawa fenolik yang terkandung dalam minyak zaitun.

Keri Lestari