Perkuat Imun Tubuh untuk Hadapi Berbagai Varian Virus Covid-19

3 Januari 2022
Perkuat Imun Tubuh untuk Hadapi Berbagai Varian Virus Covid-19

GetPaidStock.com

Sekarang ini kesehatan menjadi salah satu aspek paling penting, mengingat bahwa pandemi COVID-19 masih belum usai. Kini dunia kembali digemparkan dengan munculnya varian baru dari virus COVID-19 yaitu varian Omicron. Dilansir dari pernyataan WHO, varian Omicron ini merupakan salah satu jenis virus corona yang lebih mudah menular dibandingkan varian lainnya. Kali ini kami akan membahas pentingnya menjaga imun tubuh di masa pandemi. Simak ulasan pentingnya di bawah ini! 

Pentingnya Menjaga Imun Tubuh 

Sistem kekebalan tubuh manusia merupakan sistem daya tahan tubuh yang manusia miliki terhadap serangan substansi asing yang terpapar ke tubuh manusia. Substansi asing bisa berasal dari luar atau dikenal juga sebagai eksogen misalnya saja berasal dari bakteri, parasit, virus, jamur, debu, atau serbuk sari. Namun substansi juga bisa berasal dari dalam tubuh sendiri. Tanpa sistem imun tubuh yang baik, maka tentu kesehatan kita juga akan sangat terpengaruh. 

Mengapa sangat penting untuk kita menjaga sistem kekebalan tubuh? Mengingat bahwa sistem imun di dalam tubuh manusia memiliki peran yang sangat besar untuk melindungi tubuh kita dari serangan berbagai macam penyebab penyakit seperti virus, bakteri, jamur, parasit, atau sumber penyakit yang lainnya. 

Tips untuk Mempertahankan Sistem Imun Tubuh 

Setelah mengetahui pentingnya imun tubuh untuk manusia, berikut ini kami bagikan tips atau beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa mempertahankan sistem imun tubuh.

1. Berhenti Merokok

Seperti yang kita ketahui bahwa virus COVID-19 dengan varian Omicron muncul dan membuat setiap orang khawatir. COVID-19 sendiri merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang akan mempengaruhi sistem pernapasan bahkan dapat merusak lapisan kantung udara di paru-paru. Dalam beberapa kasus COVID-19 yang parah, pasien membutuhkan dukungan ventilator karena itu mempengaruhi pernapasan mereka. 

Oleh karena itu, sebaiknya berhentilah merokok apabila memang Anda memiliki kebiasaan untuk merokok. Mengingat kebiasaan merokok sendiri dapat menyebabkan beberapa masalah pada tubuh yang fatal seperti kanker paru-paru, hingga dapat menyebabkan kematian. Terutama di masa pandemi seperti ini, kita harus bisa menjaga kesehatan dan menjaga kondisi sistem pernapasan kita. Ini merupakan langkah nomor satu yang dapat menyelamatkan Anda dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. 

2. Dapatkan Waktu Tidur yang Cukup 

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk dapat menjaga imun adalah mendapatkan waktu tidur yang cukup. Tidur merupakan salah satu momen dimana seluruh sistem tubuh manusia akan direvitalisasi.

Menurut penelitian, tidur adalah salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan kesehatan manusia. Orang yang kekurangan waktu tidur atau istirahat dapat menyebabkan beberapa permasalahan kesehatan seperti tingkat masalah pada memori, penyakit jantung, mudah lelah, dan kemungkinan kanker yang lebih tinggi. 

Sebaiknya dapatkan waktu tidur yang cukup mulai dari enam hingga delapan jam per malamnya dan sebisa mungkin lakukan ini dengan konsisten. Selain itu jauhkan layar atau cahaya biru ketika menjelang waktu tidur, karena hal ini dapat mengganggu fokus Anda dan membuat Anda jadi sulit untuk tidur. 

3. Konsumsi Makanan yang Mengandung Probiotik

Kita tahu bahwa pentingnya menjaga imun tubuh di saat pandemi ini harus menjadi fokus utama atau pusat perhatian kita. Cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan imun adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik.

Salah satu penelitian mengungkapkan bahwa untuk bisa meningkatkan daya imun tubuh maka Anda dapat mengonsumsi makanan sehat seperti sayur-sayuran, daging tanpa lemak, dan mengonsumsi lemak sehat yang ada pada makanan nabati karena itu dapat membantu mencegah infeksi. 

Selain itu disarankan supaya mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt atau makanan fermentasi seperti kimchi, asinan kubis, atau miso. Makanan-makanan ini selain bagus untuk meningkatkan imun tubuh juga dapat membantu melancarkan pencernaan. 

4. Kurangi Konsumsi Alkohol 

Cara selanjutnya untuk mempertahankan imun tubuh adalah dengan mengurangi konsumsi alkohol yang berlebih. Meskipun mungkin Anda merasa tergoda untuk mengkonsumsi alkohol, maka sebisa mungkin untuk mengkonsumsi alkohol secara berlebihan ya. Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dapat membahayakan kesehatan dan juga kekebalan tubuh Anda. 

5. Konsumsi Vitamin & Suplemen Bila Perlu

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan sistem imun tubuh adalah mengkonsumsi vitamin, suplemen, atau jenis obat herbal yang dapat membantu menjaga sistem imun tubuh, sehingga tubuh akan tetap fit di masa pandemi seperti ini. 

Anda dapat mengkonsumsi Rhea Health Tone, obat herbal dengan kandungan bahan alami seperti Gardenia jasminoides oleum, Commiphora myrrha oleum, Boswellia serrata oleum, Daucus carota semen oleum, Foeniculum vulgarae oleum dan Olea europaea oleum (Olive oil) yang bermanfaat untuk membantu memperbaiki sistem imunitas tubuh sebagai salah satu upaya memelihara kesehatan tubuh. Rhea Health Tone telah mendapatkan izin edar BPOM dengan nomor izin edar POM TL210655181. Obat herbal ini dapat Anda konsumsi setelah makan dan aman dikonsumsi setiap hari mengikuti aturan pakai.

Jaga imun tubuh di masa pandemi, segera dapatkan Rhea Health Tone di online official store Tokopedia, Blibli, Shopee, Lazada, Bukalapak atau di gerai Watson & Prima Fresh Mart terdekat.