Persiapan Liburan Aman di Era New Normal

23 Desember 2021
Persiapan Liburan Aman di Era New Normal

Pemerintah telah menetapkan pelonggaran level PPKM untuk beberapa wilayah di Indonesia. Hal ini menjadi angin segar bagi sebagian besar masyarakat yang sudah mulai bosan beraktivitas di rumah saja. Menuju akhir tahun 2021 ini, minat berwisata masyarakat kembali meningkat. 

Liburan atau traveling di era new normal ini tentu berbeda dengan masa sebelum pandemi. Ada protokol kesehatan dan berbagai kebijakan lain yang harus diikuti untuk mencegah penularan virus Covid-19. Untuk perjalanan yang aman dan nyaman, berikut ini 5 persiapan liburan aman di era new normal.

  1. Cari Tahu Peraturan Bepergian Sesuai Moda Transportasi

Saat ini hampir semua kendaraan umum sudah dapat digunakan dengan mengikuti peraturan kesehatan terbaru. Transportasi umum, seperti kereta api, pesawat, atau kapal laut memiliki peraturannya masing-masing. Contohnya untuk bepergian dengan pesawat Anda harus sudah mendapatkan vaksin kedua dan menyertakan hasil tes Antigen dan bagi yang baru mendapatkan dosis vaksin pertama wajib menyertakan hasil tes PCR.

Pastikan Anda mencari tahu peraturan moda transportasi pilihan Anda. Persiapan ini akan mengurangi kerepotan akibat syarat yang kurang sebelum bepergian. Anda dapat melengkapi syarat-syarat yang diperlukan jauh sebelum hari keberangkatan.

  1. Lakukan Tes Covid Sebelum dan Sepulang Bepergian

Salah satu syarat wajib sebelum berangkat dan sepulang bepergian menggunakan transportasi umum adalah melakukan tes Covid-19, baik swab antigen maupun PCR test. Hal ini dilakukan sebagai langkah menekan angka pasien positif yang terus bertambah. Tes ini juga bermanfaat untuk deteksi dini demi kesehatan dan keselamatan bersama.

Sebelum pergi dan usai liburan, lakukan swab antigen atau PCR test untuk memastikan kesehatan Anda. Selain itu, Anda juga berkontribusi melindungi orang terdekat seperti keluarga dan kolega Anda.

  1. Buat Itinerary secara Rinci

Persiapan yang matang sebelum bepergian di era new normal ini adalah hal yang wajib dilakukan. Buatlah itinerary yang terperinci untuk memetakan ke mana saja Anda akan berkunjung. Pastikan daerah atau tujuan wisata yang Anda kunjungi bukan zona merah Covid-19. Selain itu, ketahui peraturan di daerah atau tujuan wisata Anda terkait protokol kesehatan. Anda wajib mematuhi ketentuan baru sesuai dengan situasi saat ini.

  1. Selalu Bawa New Normal Essentials

Di era new normal ini, bepergian wajib membawa hand sanitizer, disinfektan, dan cadangan masker. Untuk memudahkan mencari kebutuhan tersebut setiap dibutuhkan, simpan semua dalam satu tempat seperti pouch atau tas kecil yang mudah diakses kapan saja.

Saat bepergian jauh, Anda juga bisa berjaga-jaga dengan membawa sendiri alat mandi dan handuk, meskipun biasanya sudah disiapkan di hotel atau tempat menginap. Sebagai tambahan, Anda juga bisa membawa paket peralatan makan sendiri.

  1. Jaga Protokol Kesehatan

Inilah poin yang paling penting. Meskipun dalam suasana berlibur, jangan sampai Anda lengah. Selalu terapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan rutin mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi PeduliLindungi untuk memudahkan pelacakan kontak saat beraktivitas di tempat umum, seperti pusat perbelanjaan, restoran, atau tempat wisata.

Sebelum bepergian, pastikan Anda sudah mempersiapkan hal-hal di atas agar liburan Anda aman dan nyaman. Selain itu, tingkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat dan mengkonsumsi obat herbal yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Rhea Health Tone merupakan salah satu obat herbal dengan kandungan bahan alami seperti Gardenia jasminoides oleum, Commiphora myrrha oleum, Boswellia serrata oleum, Daucus carota semen oleum, Foeniculum vulgarae oleum dan Olea europaea oleum (Olive oil) yang bermanfaat untuk membantu memperbaiki sistem imunitas tubuh sebagai salah satu upaya memelihara kesehatan tubuh.

Rhea Health Tone telah mendapatkan izin edar BPOM dengan nomor izin edar POM TL210655181. Obat herbal ini dapat Anda konsumsi setelah makan dan aman dikonsumsi setiap hari mengikuti aturan pakai.Dapatkan Rhea Health Tone di online official store Tokopedia, Blibli, Shopee, Lazada, Bukalapak atau di gerai Watson & Prima Fresh Mart terdekat.